Kamis, 13 Juni 2013

DCM (Pemahaman Individu)

Saya akan menjelaskan Cara perhitungan dalam DCM dengan cara saya sendiri, semoga bermanfaat..

Untuk mempelajari lebih lanjut Pertama terlebih dahulu kita buat item soal dahulu misalnya tentang perilaku bulliying
1. Saya lebih suka menyelesaikan masalah dengan fisik
2. Musyawarah lebih baik dari pada berkelahi
 3. Memukul teman sangat mengasikan
4. Saya lebih memilih menghindar saat terjadi tawuran
5. Berkelahi adalah cara yang buruk dalam menyelesaikan masalah

ini adalah jawaban dari 3 siswa yang di tes,
Tono = ss, ts, s, s, ts
budi = ts, s, ts, s, s 
Paijo = s, ts, ss, sts, ts

1. Analisis Individual
( mn/n ) x 100%
(2/5) x 100%
= 40 %
mn : merupakan banyak soal yang menjadi masalah, dalam topik tersebut ada 2 ( soal nomor 1 dan 3 )
n : banyaknya soal

2. Analisis Kelompok
analisis kelompok merupakan analisis soal per butir masalah, dalam topik diatas soal nomor 1 & 3 merupakan soal yang menjadi masalah. jadi kita coba analisis soal nomor 3.
(mn/n) x 100%
(2/5) x 100%
= 40 %

mn : banyak siswa yang bermasalah pada butir soal ( dalam soal nomor 3 ada 2 anak yang memilih setuju yaitu tono dan paijo. sementara budi tidak bermasalah karena dia memilih tidak setuju, jadi ada 2 anak yang bermasalah )
n : banyak soal

Demikian penjelasan dari saya , saya juga masih belajar, jadi evaluasi, kritik atau saran dari agan-agan semua sangat saya harapkan..tentunya yang bersifat membangun.. terimakasih

2 komentar:

  1. shiiiip Lanjut kan bang :D ...
    isi blog nya bagus B) ... yang DCM ada rumus lagi kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma itu rumusnya,, tp y hrus mengidentifikasi soal dulu,, di fotocopyan yang dibagikan kan cuma d tulis soal saja,, tidak ada penelasan, jadi membingungkan

      Hapus